Tips Membuat Blog Anda Jadi Menarik

Nah, bagi Anda yang ingin menjaga dan mengelola blog agar senantiasa menarik dan informatif, simak tips yang disarikan detikINET berikut.

Membuat blog kini semudah membalikkan telapak tangan. Tak heran jika saat ini ada begitu banyak blogger yang lalu lalang di dunia maya. Namun mengelola blog seringkali dianggap sebagai hal yang sulit. Banyak orang membuat blog, namun kemudian mengabaikannya begitu saja. Padahal dengan pengelolaan yang baik, tak mustahil blog Anda populer dan menguntungkan. Misalnya saja, akan ada pengiklan online yang memasang iklan mereka di blog Anda. (Klik judul untuk artikel selengkapnya)

  • Fokuslah pada satu topik bahasan
Konten sebuah blog sebaiknya berfokus pada satu tema bahasan yang menarik dan bermanfaat. Pembaca akan tertarik jika Anda punya topik bahasan yang jelas dan khusus. Hal ini akan menciptakan jaringan pembaca yang loyal bagi blog Anda.
  • Buat seinformatif mungkin
Buat blog Anda seinformatif mungkin, misalnya dengan terus menampilkan berita terkini tentang topik blog Anda. Usahakan untuk menampilkan fakta-fakta yang terpercaya dan tampilkan opini yang berkualitas. Jagalah tulisan Anda sebaik mungkin dan berikan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca.
  • Jangan tampilkan informasi basi
Sangat penting untuk menampilkan informasi terkini secara akurat. Menulis tentang suatu hal yang terjadi pada waktu lampau bisa mengurangi reputasi blog Anda kecuali topik tersebut benar-benar istimewa dan berkaitan dengan kejadian masa sekarang.
  • Update secara rutin
Selain untuk menjaga loyalitas pembaca, update rutin ini akan membuat blog Anda bisa tampil secara reguler di mesin pencari internet. Blog Anda pun akan makin populer. Buatlah jadwal pengelolaan blog dan patuhilah semaksimal mungkin. Namun karena blogging membutuhkan waktu dan usaha, jangan membuat jadwal yang berlebihan. Cukup luangkan waktu sejenak setiap hari untuk mengurusi blog Anda. Hal ini karena jika Anda terlalu lama membiarkan blog terbengkalai, pembaca bisa kabur ke blog lain dengan topik sejenis.
  • Buat konten yang jelas dan mudah dimengerti
Buatlah postingan yang jelas dan mudah dimengerti pembaca awam. Tak semua hal harus dijelaskan dalam kalimat-kalimat panjang karena malah bisa membingungkan. Kadangkala, penjelasan yang singkat dan sederhana justru bisa mengena.
  • Pakai judul yang menarik
Buat judul posting-an yang seatraktif mungkin sehingga menarik perhatian pembaca. Namun jangan pula membuat judul yang terlalu berlebihan sehingga keluar konteks. Hal ini justru bisa membuat pembaca menganggap blog Anda hanya mengandalkan sensasi saja.
  • Pentingnya kuantitas
Pastikan untuk mengarsip semua postingan blog Anda untuk menciptakan sebuah portal internet yang kaya konten. Selain memantapkan keberadaan blog Anda, hal ini akan berpengaruh terhadap tampilnya blog Anda di mesin pencari Internet.
  • Cermati tulisan anda sebelum di-posting
Ingatlah bahwa apapun yang Anda publikasi di internet bisa dibaca begitu banyak orang. Karena itu, agar terhindar dari masalah, cermati benar apa yang Anda tulis sebelum di-posting di blog. Teliti pula agar jangan sampai ada salah kata ataupun salah ketik yang mengganggu.
  • Pakai RSS (Really Simple Syndication)
RSS akan meningkatkan jangkauan blog Anda di dunia maya. Menyertakan blog Anda dalam RSS feed akan memperluas pembaca dan distribusi blog Anda di Internet.
Sumber Detiknet 

CONVERSATION

3 komentar:

chardie said...

mohon tips n trik nya pak biar lebih menarik n promosi cepat

MEF Indonesia said...

Silakan berkunjung ke tutorial saya mas, www.supriadi-tutorial.blogspot.com

Asep Haryono said...

http://www.asepharyono.com/utama/index.php?option=com_content&view=article&id=1067

Ada award buat bang Ucup