Pengajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan

Guru dapat diartikan sebagai pekerja profesioanal. Guru perlu menyadari bahwa peranannya adalah sebagai manajerial aktivitas yang harus bekerja berdasar pada kerangka acuan pendekatan manajemen kelas.

Memanajemeni kelas dalam proses pemecahan masalah bukan terletak pada banyaknya macam kepemimpinan dan kontrol, tetapi terletak pada keterampilan memberikan fasilitas yang berbeda-bada terhadap peserta didik.

Seorang guru harus memiliki, memahami, dan keterampilan dalam menggunakan bermacam-macam pendekatan dalam manajemen kelas, meskipun tidak semua pendekatan yang dipahami dan dimilikinya dipergunakan sekaligus. Dalam artian, guru harus terampil memilih bahkan merangkai pendekatan yang dianggap meyakinkan untuk mengatasi maslah manajemen kelas dengan tepat.



Namun, hingga saat ini banyak sekali guru yang mengeluh karena sikap dan tindakan siswa dikelas tidak jarang membuat guru stress dan tidak berdaya. Bagaimana tidak, banyak siswa yang kurang hormat kepada guru, suka membantah, malas dalam belajar, suka membuat onar, dan sebagainya.

Berbagai macam sikap dan tindakan guru yang diambil menyikapi masalah tersebut, misalnya mereka menjadi bersikap otoriter, menjadi persuasif bahkan terkadang mengintimidasi siswa saat belajar dikelas maupun diluar kelas. Hal ini tentunya dapat mengganggu kreatifitas siswa. Guru kemudian dihadapkan kepada dilemma yang berkepanjangan. Hal ini tentunya ada solusi, bukan? Manajemen kelas. Ya, guru harus mampu mengelola kelasnya dengan baik. Guru harus mampu menggunakan pendekatan-pendekatan yang instruksional, melibatkan sosio-emosional dan sebagainya. 


Nah, pada workshop ini akan dibahas tentang permasalahan yang sering dihadapi guru di kelas seperti yang disebutkan di atas. Workshop ini bersifat komunikatif dengan melibatkan semua peserta untuk berpartisipasi dan diskusi. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan strategi yang bisa langsung diterapkan oleh guru (learning by doing) dikelas. Misalnya, bagaimana cara menyikapi siswa yang nakal, susah focus, tidak disiplin dan sebagainya. Apakah strategi dan pendekatan untuk meningkatkan potensi dan prestasi mereka? Kemudian, bagaimana cara presentasi atau menimbulkan perhatian siswa agar termotivasi dan antusias untuk belajar? Bagaimana mengelola kelas dalam jumlah yang besar dan sebagainya.

 
Jika guru mampu menguasai teknik manajemen kelas dan mampu menerapkan teknik Pengajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan (PAIKEM)” serta mampu melakukan pendekatan dalam pengajaran secara instruksional, sosio-emosional dan pendekatan lainnya, maka guru akan benar-benar menikmati profesi mereka sebagai agen pencerdas generasi harapan masa depan bangsa. Maka di Workshop MAGIC MANAGEMENT CLASSROOM TECHNIQUE ini akan dikupas tuntas strategi yang jitu powerful dan MAGIC tentunya.

Salam Cerdas & Profesional Guru Indonesia.

CONVERSATION

1 komentar:

Recent Comments