Password Terhebat Dalam Sejarah

Mulai Senin kemarin (17 s/d 20 November 2008), di laksanakan pelatihan internet untuk guru2 TK yg tergabung dalam forum guru Swasta TK Kota Pontianak. Bukan main, 165 peserta sangat antusias mengikuti pelatihan membuat Web Blog di TELKOM. sampailah pada sesi membuat email. Setiap peserta membuka www.yahoo.co.id untuk membuat email dipandu oleh teman-teman Puguh, dan Aji.

Peserta mengisi seluruh data pribadi lantas memilih user ID dan password. Saat kita memilih password, program akan memberi masukan apakah password tersebut bagus (strong) atau buruk (bad), dinilai dari kemungkinan dibobol.

Berhubung mayoritas peserta masih belum pernah membuat email, mereka awalnya memasukkan password yang terdiri dari nama sendiri, tanggal lahir, dan lain-lain. Sampai-sampai ada yang mengeluh, “Kok password saya bad terus, sih?”

Strongest Password in the Universe

Salah seorang ibu yang kupandu malah sebaliknya. Password yang ia ketikkan dinilai “Strong”. Ia mengekeh bangga. “Password-ku strong-e!” ujarnya bangga dengan logat Pontianak yang kental. Namun kemudian, dia tertegun. “Bang...Bang, ini kotak kosong di bawahnya apa, ya?”

“Oh, itu untuk konfirmasi, bu, Silakan diketik password harus sama persis dengan yang di atas” jawabku. Ketikkan aja password-nya sekali lagi di situ.”

"Oh...!??" sambut ibu.Lantas ia bersiap mengetik, dan kembali terdiam. “Eh, [password-nya] apa, ya?” tanyanya bingung.

CONVERSATION

0 komentar:

Recent Comments